Cara memperbaiki Printer Canon IP 1880

Posted by ReTRo on Friday, June 8, 2012

cartridge canon 
Berdasarkan pengalaman saya pribadi, printer Canon memang sering sekali terjadi error terutama pada komponen cartridge (tempat mengisi tinta printer) seperti pada gambar di samping.

Cara memperbaiki Printer Canon IP 1880

Kebetulan saya menggunakan printer Canon IP 1880, pada saat itu masalah atau error yang terjadi diakibatkan oleh, terlalu banyak melakukan proses print dalam satu waktu (kurang lebih 100 lembar sekali print).
Hal tersebut membuat printer saya menjadi error dan mengeluarkan warna orange yang berkedip-kedip, pada saat yang bersamaan proses print terhenti dan printer tidak bisa lagi digunakan untuk ngeprint.
setelah saya cari tahu apa sebabnya ternyata Cartridge Printer Canon seri IP memang sering mengalami masalah, dan tidak hanya terjadi pada saya saja teman saya juga mengalami hal serupa (Ink Cartridge minta di reset).
Ingat! tidak semua masalah cartridge anda sama dengan saya, jadi kalau tips ini tidak bekerja berarti masalah pada cartridge anda tidak sama dengan masalah pada cartridge saya (Error Blinking Printer), lalu bagaimana solusinya? cari tahu lagi di google tipsnya atau serahkan kepada ahlinya. Langsung saja lihat tipsnya dibawah.
Cara Memperbaiki Cartridge Printer Canon:
Langkah Pertama (Hardware):
  1. Bila Printer sudah lama tidak dipakai, kemudian ingin diperbaiki lagi, alangkah baiknya cartridge printer direndam diair hangat (untuk memperlancar tinta yang beku). Air hangat harus merendam bagian bawah dan bagian samping cartridge.
  2. Rendam selama -/+ 15 menit, kemudian tiriskan sampai kering (bisa di lap perlahan dengan kain halus).
  3. Silakan isi Cartridge dengan tinta printer khusus tipe printer canon anda (jika tinta kosong).
  4. pasangkan kembali Cartridge ke printer Canon anda.
  5. silakan nyalakan printer anda, jangan lupa driver sudah di install terlebih dahulu.
Langkah Kedua (Software):
  1. Silakan anda download software Resetter (iPTool 1.1.4) untuk tipe printer Canon: IP1200, IP1300, IP1600, IP1700, IP1800, IP1880,IP2200, IP2500. [ Download disini ].
  2. Jalankan program iPTool.exe
  3. Lihat menu Reset Counters,  pada submenu Ink Counter silakan klik “Reset Black”, lalu muncul kotak dialog silakan anda pilih yes, lakukan hal yang sama pada “Reset Color”.
  4. Lihat menu dibawahnya yaitu Waste Ink Counter, silakan klik “Reset Main”, lalu muncul kotak dialog, pilih saja yes. Lakukan hal yang sama pada “Reset Platen”.
  5. Lihat menu EEPROM Operations lalu klik “Reset”, kemudian muncul kotak dialog pilih saja yes.
  6. Selesai, klik Exit.
Baca Juga  Cara Mengatasi Error E16 Pada Canon MP258

    Thanks Dah Dateng ke carantrik.com

    Admin Anda baru saja membaca posting dengan judul : Cara memperbaiki Printer Canon IP 1880 . Anda juga dapat membaca ARTIKEL MENARIK lainnya di bawah ini.

    { 0 comments... read them below or add one }

    Post a Comment